Lembaga Keuangan Syariah Lainnya
BMT TAMZIS
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Indonesia adalah
sebuah negara yang memiliki sumberdaya alam yang kaya dan letak geografi yang
sangat strategis berada di persimpangan lalu lintas perdagangan dunia. Jika
dikelola dengan baik Indonesia akan menjadi negara dengan kekuatan ekonomi yang
luar biasa. Sayangnya hal itu masih jauh dari kenyataan. Kesenjangan ekonomi
terjadi di mana-mana. Sedikit orang memiliki banyak kekayaan dan banyak orang
memiliki sedikit kekayaan.
Penyebab utama dari
kesenjangan ini adalah kebijakan ekonomi yang tidak berpihak kepada rakyat dan
menempatkannya hanya sebagai sasaran pasar (marketing target). Lembaga keuangan
yang ada hanya memperhatikan kalangan tertentu dengan proyek-proyek besarnya
sehingga masyarakat menghadapi berbagai kendala untuk mengakses permodalan.
Pemberlakuan ekonomi sistem riba juga telah melahirkan ketidak adilan di
masyarakat dan keraguan di kalangan ummat Islam yang ingin tetap menjaga
kesuciannya.
Seiring munculnya
kesadaran untuk menolong diri sendiri (self-help) dan meningkatnya tekad
menciptakan sistem ekonomi yang lebih adil, bersih dan sesuai syariah, maka
pada awal dekade sembilan puluhan muncul lembaga-lembaga keuangan syariah yang
mengutamakan pelayanan kepada masyarakat kecil. KJKS Baituttamwil TAMZIS adalah
satu diantaranya.
Krisis moneter yang
berlanjut menjadi krisis ekonomi berkepanjangan tahun 1998 telah membuktikan
bahwa ekonomi rakyat lebih mampu bertahan dari hempasan badai krisis. Dan
ekonomi syariah telah memberi inspirasi kepada bank dan lembaga-lembaga
keuangan besar untuk menerapkan sistem syariah. Menciptakan iklim yang kondusif
bagi KJKS TAMZIS untuk maju dan berkembang.
Ayat Al Qur’an:
3 ¨@ymr&ur ª!$# yìøt7ø9$# tP§ymur (#4qt/Ìh9$#
.....padahal Allah telah menghalalkan perniagaan dan
mengharamkan riba...(QS. Al Baqarah: 275)
ßÌã ª!$# ãNà6Î/ tó¡ãø9$# wur ßÌã ãNà6Î/ uô£ãèø9$#
.....Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan Allah
tidak menghendaki kesukaran bagimu...(QS. Al Baqarah: 185)
ös1 w tbqä3t P's!rß tû÷üt/ Ïä!$uÏYøîF{$# öNä3ZÏB
......supaya harta itu jangan hanya beredar di antara
orang-orang kaya saja di antara kamu.... (QS. Al Hasyr: 7)
BAB II
PEMBAHASAN
A. Sejarah TAMZIS
KJKS Baituttamwil TAMZIS dibentuk oleh sekelompok anak
muda terdidik pada tahun 1992 di kecamatan Kertek Wonosobo Jawa Tengah. Modal
yang kecil, pengalaman yang minim serta letak geografis yang relatif berada
bukan di sentra kegiatan ekonomi tidak menyurutkan tekad anak-anak muda ini
untuk membangun perekonomian yang lebih adil sesuai syariah. Pada tanggal 14
November 1994, KJKS TAMZIS mendapat status badan hukum dengan nomor
12277/B.H/VI/XI/1994 dari Departemen Koperasi.
Berkat ketekunan, keyakinan dan kemampuannya berkomunikasi dengan
masyarakat dan berbagai pihak, TAMZIS kini memiliki lebih dari dua puluh ribu
anggota. Pelayanan kepada masyarakat yang semula hanya di garasi pengurusnya
kini telah memiliki kantor pusat yang representatif dengan beberapa kantor
cabang dan kantor pembantu. Pada tahun 2003 dengan prestasi dan kinerja yang
terus meningkat, TAMZIS mendapat izin dari Departemen Koperasi Republik
Indonesia untuk membangun cabang di berbagai kota di Indonesia. Selain di
Wonosobo, TAMZIS saat ini memiliki kantor di Jakarta, Yogyakarta, Klaten, Banjarnegara,
Purwokerto, Temanggung, Magelang dan akan terus mengembangkan diri ke kota-kota
lain.
B.
Profil
TAMZIS
1. Identitas Perusahaan
Nama Lembaga : Koperasi Jasa Keuangan Syariah Baituttamwil
TAMZIS
Motto
: “Happy Life, Happy Syariah”
Berdiri
: 22 Juli 1992
Badan
Hukum :
12277/B.H/XI/1994 14 November 1994
NPWP
: 1.606.549.2-524
No.
Telp.
: 0286-325303
Fax
: 0286-325064
website
: www.tamzis.com
C.
Visi dan Misi TAMZIS
Visi: “Menjadi lembaga keuangan mikro syariah
utama, terbaik dan terpercaya"
Misi:
1. Membantu dan
memudahkan masyarakat mengembangkan kegiatan ekonomi produktifnya
2. Mendidik
masyarakat untuk jujur, bertanggungjawab, profesional dan bermartabat.
3. Menjaga
kesucian ummat dari praktek riba yang menindas dan dilarang agama.
4. Membangun
dan mengembangkan sistem ekonomi yang adil, sehat dan sesuai syariah.
5. Menciptakan
sistem kerja yang efisien dan inovatif.
D. Tamaddun
(Baitul Maal TAMZIS)
Tamaddun merupakan Baitul Maal dari TAMZIS, yang mengusung motto Kasih
Sayang untuk Pemberdayaan.
1.
Tujuan
Turut mewujudkan kemakmuran masyarakat berdasarkan
ekonomi syariah
2.
Visi
Menjadi lembaga sosial yang visioner dalam inovasi
pemberdayaan masyarakat
3.
Misi
a)
Membina kualitas sumberdaya insani
b)
Membangun kesadaran masyarakat tentang ekonomi syariah
c)
Menjalin kerjasama berbagai pihak yang visinya sesuai
dengan lembaga ini
d)
Membina masyarakat agar memiliki jiwa mandiri, percaya
diri, jujur dan membangun
e)
Menggali potensi masyarakat lokal
4.
Program Tamaddun
a)
Bina Siswa Cerdas (BSC)
Tidak semua anak-anak Indonesia bisa menamatkan
pendidikan dasar. Kondisi ekonomi orang tua merupakan faktor utama gagalnya
anak-anak miskin Indonesia melanjutkan sekolah. Dalam jangka pendek, memberikan
beasiswa sangat berarti bagi mereka. Namun dalam jangka panjang perlu didirikan
lembaga pendidikan alternatif yang tidak memungut biaya di luar jangkauan orang
miskin, serta bisa memberikan jaminan pekerjaan bagi kelulusannya.
b)
Sanggar Remaja Inovatif
Usia remaja masa yang sensitif terhadap berbagai
pengaruh/ tawaran-tawaran yang bersifat negatif. Kerawanan ini lebih nyata
terjadi pada remaja yang orang tuanya miskin. Kegiatan untuk remaja berupa
sanggar perlu diwujudkan untuk membina kebribadian/kedewasaan intelektual, emosional
serta spiritualnya. Lewat kemasan yang happy/funny, beberapa alternatif
kegiatan remaja bisa dipilih misalnya kelompok musik, kursus-kursus bahasa
asing, ketrampilan komputer, kerajinan, automotif, pertukangan dan sebagainya.
c)
Wanita Produktif
Di negara sedang berkembang seperti Indonesia, banyak
wanita yang menjadi korban akibat kemiskinan. Wanita harus mengandung,
melahirkan dan memelihara anak. Namun, karena penghasilan sang suami yang
rendah, terpaksa mereka juga ikut menanggung beban ekonomi keluarga. Di sisi
lain banyak potensi alam yang belum dikelola optimal.Didukung dengan jiwa
lembut wanita, alam Indonesia bisa dieksplorasi secara optimal. Batik, tenun,
terakota, anyaman serat merupakan sebagian contoh produk yang bisa menambah
penghasilan wanita miskin.
d)
Desa Integral
Pembangunan masyarakat pedesaan belum berjalan optimal
dan banyak yang bersifat parsial. Masyarakat desa sering hanya menjadi obyek
pembangunan serta kurang diberi kesempatan menentukan nasibnya. Masyarakat desa
punya hak untuk cerdas, kreatif, maju dan makmur. Program ini bermaksud untuk
mengajak masyarakat menjadi subyek atas dirinya sendiri. Pendekatan
partisipatif mutlak diperlukan. Membangun masyarakat dilakukan menyeluruh dan
terintegrasi, meliputi aspek spiritual, intelektual, fisik dan ekonomi.
E.
Produk
Dan Layanan TAMZIS
1. Pembiayaan
Mikro Syariah
a) Diutamakan
untuk para pedagang di pasar.
b) Usaha yang
dibiayai sudah berjalan minimal satu tahun.
c) Menggunakan
prinsip mudharabah Muqayadah dan Murabahah.
d) Persyaratan
mudah, tanpa biaya Administrasi dan Provisi.
e) Pembiayaan
diperuntukkan bagi pengusaha mikro sebagai tambahan modal usaha dan investasi.
Mudah:
a) Setoran dan
pengambilan dapat dilayani di semua kantor TAMZIS.
b) Setoran dan
pengambilan dapat dilayani di tempat anggota.
Multiguna:
a) Sangat cocok
bagi yang memiliki usaha perdagangan di pasar maupun sentra usaha lainnya.
b) Dapat
digunakan sebagai simpanan untuk pendidikan, Walimah, Qurban, Aqiqah
dan Haji.
Barokah:
Menggunakan prinsip wadiah yad ad dhamanah, yaitu TAMZIS
menerima titipan dari anggota kemudian disalurkan ke usaha yang produktif.
3.
Ijabah
(Investasi berjangka Mudharabah)
a) Dikelola
berdasarkan prinsip yang adil.
b) Disalurkan
untuk membiayai para pedagang dan pengusaha kecil.
c) Disalurkan
hanya untuk kegiatan usaha yang halal.
d) Perolehan
bagi hasil yang menguntungkan dan kompetitif.
e) Mudah dalam
bertransaksi, kami siap datang ketempat Anda.
f) Berpengalaman
lebih dari 16 tahun.
g) Memiliki
jaringan tingkat nasional.
F.
Nisbah
TAMZIS
NO
|
IJABAH
(BULAN)
|
NISBAH
ANGGOTA:TAMZIS
|
JULI
|
AGUSTUS
|
1
|
1 s/d 2
|
32,50% : 67,50%
|
7.610
|
7.600
|
2
|
3 s/d 5
|
40,00% : 60,00%
|
9.370
|
9.350
|
3
|
6 s/d 11
|
45,00% : 55,00%
|
10.540
|
10.520
|
4
|
12 s/d 23
|
47,50% : 52,50%
|
11.130
|
11.100
|
5
|
>= 24
|
50,00% : 50,00%
|
11.720
|
11.690
|
KANTOR PUSAT OPERASIONAL:
Jl. S.
Parman No. 46, Wonosobo (56311). Telp. 0286 325303, Fax. 0286 325064
KANTOR PUSAT NON OPERASIONAL:
Jl. Buncit
Raya 405 Jakarta Selatan. Telp. 021 79198411, Fax. 021 7993346
KANTOR
JAKARTA:
1.
Jl. Buncit Raya 405 Jakarta Selatan. Telp. 021
79198411, Fax. 021 7993346
2.
Pusat Grosir Cililitan (PGC) Lantai 2 Zona Hijau No. 6
Jakarta Timur. Telp. 021 30015306, Fax. 021 30015307
KANTOR
BANDUNG:
1.
Jl. Otto Iskandar Dinata No. 455 Bandung. Telp. 022
5208888. Fax. 022 5208888
2.
Jl. Sangkuriang No. 27 Cimahi. Jawa Barat. Telp. 022
6626941. Fax. 022 6626941
KANTOR
PURWOKERTO:
1.
Jl. Gatot Subroto, Ruko No. 05 Sokaraja Purwokerto.
Telp. 0281 6441454. Fax. 0281 6441454
2.
Jl. Jend. Sudirman No. 86 Purwokerto. Telp. 0281
635625. Fax. 0281 635625
KANTOR
PURBALINGGA:
Jl. Ahmad Yani Ruko 6 Purbalingga,
Jawa Tengah. Telp. 0281 6597167. Fax. 0281 6597167
KANTOR
CILACAP:
Jl. A. Yani No. 12 Kedaung Kroya
Cilacap. Telp. 0282 494131. Fax. 0282 494131
KANTOR BANJARNEGARA:
KANTOR BANJARNEGARA:
1.
Jl. Raya Batur No. 27 Batur Banjarnegara. Telp. 0286
5986303
2.
Jl. A. Yani Ruko No. 1 Purwareja Klampok. Telp. 0286
479296
3.
Pertokoan Plaza Wanadadi Kios B-3, Banjarnegara. Telp.
0286 5800344
4.
Jl. Pemuda Ruko Atrium Square No. 1 Banjarnegara.
Telp. 0286 5807242
KANTOR
WONOSOBO:
1.
Jl. Raya Dieng No. 2 Km.17. Kejajar Wonosobo. Telp.
0286 3326504
2.
Pasar Induk Wonosobo (PIW) Blok E4 Lt. 1. Telp. 0286
324701
3.
Jl. Kyai Muntang No. 03 Wonosobo. Telp. 0286 325303
4.
Jl. Purworejo No. 46 Km. 16 Sapuran Wonosobo. Telp.
0286 611240
5.
Jl. Parakan 125 Kertek Wonosobo. Telp. 0286 329236
6.
Pertokoan Plaza Kaliwiro No.05 Wonosobo. Telp. 0286
6125600
KANTOR
TEMANGGUNG:
1.
Jl. Diponegoro 225 A Parakan. Telp. 0293 598605
2.
Jl. MT. Haryono No. 21 Temanggung. Telp. 0293 5529170,
0293 493191. Fax. 0293 491511
KANTOR
MAGELANG:
1.
Ruko Prayudan C5, Magelang. Telp. 0293 5529150.
Fax. 0293 3276364
2.
Jl. Raya Secang – Magelang No. 171.
Secang Magelang. Telp. 0293 5503394
KANTOR
YOGYAKARTA:
1.
Jl. Kemasan No. 77 Kotagede, Yogyakarta. Telp. 0274
383100, Fax. 0274 4436286
2.
Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 7 Yogyakarta. Telp. 0274
377601
3.
Jl. Sido Agung Godean Yogyakarta. Telp. 0274 6496460
Jl. Jend.
Sudirman Plaza A-6, Bantul. Telp. 0274 6461024
H.
Penghargaan TAMZIS
1.
Koperasi berprestasi tingkat Nasional tahun 2001.
2.
Koperasi berprestasi tingkat Kabupaten tahun
2002
I.
Tanggapan Masyarakat
Bagaimana Pelayanan TAMZIS?
Baik :
376 50.3 %
Baik Sekali :
209 28 %
Cukup Baik :
91 12 %
Kurang Baik :
71 9.5 %
Jumlah Suara : 747
Suara Pertama :
Rabu, 11 Februari 2009 00:45
Suara terakhir : Jum’at, 22 Februari 2013 18:30
J.
Info Kerja TAMZIS
Memasuki usia 21 tahun, KJKS Baituttamwil TAMZIS sebuah Lembaga Keuangan
Mikro Syariah Nasional telah berhasil melayani para pengusaha mikro dan kecil
lebih dari 70 ribu anggota yang tersebar di beberapa kota di propinsi JATENG,
DIY, JABAR, dan DKI.
Konsentrasi kami untuk berperan dalam dakwah ekonomi syariah tidak akan
pernah berhenti dan akan terus mengembangkan area dakwah (ekonomi) nya ke seluruh
Indonesia. Saat ini kami mencari pria muslim dan membuka lowongan sebagai
kandidat yang berkarakter dan kompeten untuk disiapkan menjadi pegawai di
KJKS Baituttamwil TAMZIS untuk beberapa posisi.
Program rekrutmen ini untuk mempersiapkan dan mendidik calon pegawai untuk
menjadi kader-kader dakwah dibidang ekonomi yang siap menjadi pegawai terbaik
dan profesional dalam lembaga keuangan mikro syariah (BMT TAMZIS). Kami
mengundang anda yang memiliki semangat dakwah tinggi, mempunyai jiwa
kepemimpinan, semangat juang yang bagus, dan siap membangun teamwork yang kuat
untuk bergabung dan menduduki beberapa posisi sebagai AO (Account Officer Pembiayaan), FO (Funding Officer), LO
(Legal Officer), ADM (Staff Administrasi dan keungan), SVY (Surveyor).
Kualifikasi Pelamar:
1.
Diutamakan Pria (Muslim) yang telah
berpengalaman dibidangnya,
2.
Pendidikan minimal D3 Segala Jurusan untuk
AO, FO SVY,
3.
Pendidikan minimal S1 Akuntansi atau
Manajemen untuk ADM
4.
Pendidikan minimal S1 Hukum untuk LO
3.
IPK Kumulatif minimal 2,75 (Skala 4,00),
4.
Usia maksimum 28 tahun pada saat melamar,
5.
Mempunyai pengetahuan yang baik tentang
ekonomi (perbankan) syariah,
6.
Menguasai dan mampu mengoperasikan
komputer (MS Office),
7.
Tidak memiliki hubungan keluarga (derajat
satu) dengan pegawai TAMZIS,
8.
Berkelakuaan baik (SKCK dari POLRI) dan
tidak memiliki tatto / tindik,
9.
Melampirkan Surat Keterangan Sehat
(Dokter/Puskesmas/Rumah Sakit),
10.
Tidak buta warna (sesuai dengan Surat
Keterangan Sehat),
11.
Bersedia mengikuti tes seleksi yang
dilakukan oleh Kantor Pusat (Wonosobo),
12.
Bersedia mengikuti proses seleksi dan
pelatihan sesuai standar program TAMZIS,
13.
Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah
kerja dan seluruh cabang TAMZIS,
14.
Menuliskan nomor telepon / HP (aktif).
Caranya:
Bagi yang berniat dan berminat untuk mengikuti program ini, dipersilahkan
untuk menulis surat lamaran secara lengkap dengan melampirkan persyaratan
kualifikasi pelamar (diatas). Lamaran lengkap tersebut dimasukkan dalam amplop
tertutup kemudian dikirimkan kepada
Divisi Manajemen Sumber Daya Insani (SDI) KJKS Baituttamwil TAMZIS, Jl. S Parman 46 Wonosobo Jawa Tengah 56311 di amplop bgn kiri atas ditulis kode lamaran (AO, FO, SVY, LO, ADM).
Divisi Manajemen Sumber Daya Insani (SDI) KJKS Baituttamwil TAMZIS, Jl. S Parman 46 Wonosobo Jawa Tengah 56311 di amplop bgn kiri atas ditulis kode lamaran (AO, FO, SVY, LO, ADM).
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Patut disyukuri,
BMT yang sebagian orang menganggapnya sebagai lembaga keuangan mikro telah
tersebar di seluruh Indonesia. Suhadji Lestiadi dalam makalahnya ‘BMT dan Peranannya dalam Pengembangan Sistem
Keuangan Syari’ah’ mengungkapkan, “Sebagai gambaran umum
mengenai BMT, kita melihat perkembangan BMT sampai akhir Desember 1998, telah
berdiri kurang lebih 2000 BMT yang tersebar secara tidak merata di seluruh
Indonesia.”
Fakta ini merupakan
peluang yang besar untuk memperbaiki lemahnya ekonomi umat Islam Indonesia.
Sebagian besar umat Islam di Indonesia tingklat ekonominya adalah menengah ke
bawah. Banyak diantara mereka yang tidak bisa mengembangkan usahanya karena
sulitnya mendapat tambahan modal usaha. Mereka tidak bisa minjam ke bank-bank
konvensional karena beberapa faktor. Ada yang karena pengetahuan dan
keyakinannya bahwa bunga bank adalah haram. Ada pula karena tingginya bunga
yang harus dibayar dan ada pula karena tidak punya jaminan.
Kehadiran BMT
diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan ini. BMT memiliki banyak
keunggulan dalam meningkatkan kemakmuran rakyat jika dikelola secara
profesional. Dalam memberikan modal usaha BMT tiak hanya sekedar memberikan
pembiayaan dan menagih saja, tapi BMT juga bertangungjawab agar usaha tersebut
tidak mengalami kebangkrutan. Dan yang terpenting sekali adalah bahwa BMT
merupakan lembaga keuangan syari’ah. Operasionalnya tentu harus sesuai dengan
aturan-aturan ilahi. Inilah yang ditunggu-tunggu umat. Mereka merindukan
lembaga keuangan bebas riba.
0 komentar:
Posting Komentar