Pages

http://ariefmuliadi30.blogspot.com/. Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 23 Mei 2014

Makalah Rumah Zakat


A.     Sejarah dan perkembangan  rumah zakat
Rumah zakat indonesia berdiri pada tahun 1998 yang nama asalnya adalah Dompet sosial Ummul quro. DSUQ di dirikan oleh Abu Syauqi, salah satu tokoh da’i muda bandung, bersama beberapa rekan di kelompok pengajian majlis ta’lim ummul quro. Seiring dengan perkembanggannya  zaman dan kesadaran masyarakat, dukungan terus datang. Hingga pada tahun 1998-1999, jumlah donasi yang terkumpul sebanyak Rp 0,8 Milyar. Pemekaran DSUQ mulai di lakukan yaitu dengan membuka kantor cabang di Y ogyakarta  pada bulan Mei 2000 di Jl.Veteran No.9 Yogyakarta. Donasi yang terkumpul selama setahun meningkat  menjadi 2,1 Milyar. Pemekaran di lakukan kembali yaitu pada bulan Februari  2001 dengan di dirikannya kantor cabang di Jakarta pada tahun 2003 , DSUQ berubah nama menjadi Rumah
Zakat Indonesia dengan turunnya Sk Menteri Agama RI No.157 pada tanggal 18 maret 2003 yang mensertifikasi organisasi tersebut sebagai lembaga Amil Zakat Nasional. Bulan Mei, Rumah zakat indonesia DSUQ hadir di ibu kota surabaya. Di susul kemudian pada tahun 2004-2005, perluasan cabang di tangerang, sumatera (pekanbaru dan riau,)aceh, medan, padang , palembang, batam dan semarang .  di tambah jaringan kantor cabang pembantu di Bekasi, Bogor, Depok, Jakarta selatan , cirebon dan solo. Cabang pekanbaru juga berekspansi dengan memiliiki kantor cabang pembantu duri dan damai
Pada tahun 2007, pengembangan program semakin disempurnakan termasuk dengan mengganti istilah departemen Empowering  menjadi  direktorat program implementasi. Program mulai difokuskan hingga mengerucut pada empat induk yaitu EduCare, HealthCare, YouthCare,dan EcoCare. Pengelolaan program dilakukan dengan konsep terintegrasi dan berkelanjutan berbasis komunitas.
Pembelajaran untuk menjadi organisasi yang amanah dan professional terus  dilakukan, salah satunya dengan penguatan program- program Human Capital. Di luncurkan  program seperti  EAZI (Executive Amil Zakat Indonesia), ADP (Amil Development Program) dan sebagainya. Kehiatan peningkatan kapasitas ini terbukti efektif kompetensi memenuhi tuntutan profesi dan masyarakat.
Tahun 2009 menjadi Tahun pertama pasca 10 tahun pertama milestone  Rumah Zakat Indonesia. Guna penguatan organisasi dikokohkan organisasi baru pemberdayaan , yaitu: Rumah Sehat Indonesia (pengelola program kesehatan), Rumah Juara Indonesia (pengelola program pendidikan), Rumah Mandiri Indonesia (pengelola program  kemandirian ekonomi ). Peningkatan  jumlah unit layanan terus di lakukan.
Pada tanggal 5 April 2010, resmi di luncurkan brand baru RUMAH ZAKAT menggantikan brand sebelumnya RUMAH ZAKAT INDONESIA  dengan mengungsung  tiga brand value baru: Trusted, Progressive dan Humanitarian. Organisasi ini menajamkan karakter menuju  “World Class Socio Religious Non Governance Organization (NGO).
Sharing Confidence di angkat menjadi positioning.” Dengan keyakinan yang kuat untuk berbagi dan menciptakan keluarga global yang lebih baik, Rumah Zakat berdaya upaya untuk menjadi organisasi terdepan di region yang menjamin program efektif dan berkesinambungan dalam memberdayakan masyarakat untuk mencapai kehidupan yang lebih baik.”
Secara keseluruhan desain menggambarkan organisasi yang berkomitmen untuk terus memberi dan berbagi kepada masyarakat. Rumah dengan pintunya menjadi perlambangan sebuah organisasi yang terbuka dan memberi kebaikan untuk masyarakat.  Bentuk rumah yang tampak seperti tanda panah mengarah ke atas melambangkan pergerakan organisasi Rumah Zakat yang progresif dan terus membangun kemandirian masyarakat. Sementara hati menandakan cinta kasih sayang menjadi landasan bagi Rumah Zakat dalam menjalankan aktivitas kemanusiaan dan pemberdayaan.
Brand baru yang di usung Rumah Zakat saat ini melahirkan wajah baru dari program pemberdayaan masyarakat. Jika sebelumnya ada empat fokus program yakni EduCare, HealthCare, YouthCare dan EcoCare, maka untuk saat ini keempatnya bertransformasi menjadi Senyum Juara, Senyum Sehat dan Senyum Mandiri. Tentunya transformasi itu tak hanya sekedar mengganti nama program saja, tapi juga kepada komponen di dalamnya. Merangkai Senyum Indonesia adalah sebuah upaya dari Rumah Zakat untuk turut  membangun negeri dan bersinergi meningkatkan Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) yang tahun  2009 lalu masih menempatkan Indonesia pada urutan ke-III dari 176 negara (Human Development Report 2009 UNDP). Tujuan dari program ini adalah membentuk Keluarga  Mandiri di wilayah binaan atau dikenal dengan Integrated Community Development (ICD)
B.     Visi , Misi DAN Budaya Kerja
1.      Visi
Menjadi Lembaga Amil Zakat Bertaraf Internasional yang Unggul dan Terpercaya.
2.      Misi
a.       Membangun Kemandirian Masyarakat Melalui Pemberdayaan secara Produktif
b.      Menyempurnakan Kualitas Pelayanan Masyarakat Melalui Keunggulan insani

3.      Budaya Kerja
a.       Amanah
b.      Profesional
c.       Kemudahan
d.      Sinergi
e.       Ketepatan Penyaluran
f.       Kejelasan Laporan

C.     Manajemen Rumah Zakat
1.      Struktur Rumah Zakat Pusat
a.       Chief Executive Officer oleh Rachmat Ari Kusumanto
b.      Chief Operating Officer oleh Sri Nurmiyati
c.       Chief Corporate Funding Officer oleh Dr. Pamungkas Hendra Kusuma
d.      Chief Retail Funding Officer oleh Nur Efendi
e.       Chief Program Officer oleh Asep Mulyadi

3.      Tugas Karyawan Rumah Zakat Cabang Yogyakarta
a.       Branch Manager bertugas mengelola dan mengawasi kinerja operasional yang dilakukan oleh Rumah Zakat dan Member of di daerah tersebut.
b.      Resources of Branch merupakan kepala operasioanal di kantor cabang yang tugasnya antara lain mengenai masalah SDM, asset dan inventaris perusahaan dan juga hal-hak yang berkaitan dengan keberlangsungan operasional lembaga.
c.       House Hold bertugas menangani masalah kerumahtanggaan lembaga serta menjaga kebersihan dan ketertiban peralatan lembaga.
d.      Security bertugas mengamankan seluruh asset yang dimiliki oleh Rumah Zakat di waktu malam hari.

4.      ZIS Consultant mempunyai tugs antara lain:
a.       Sebagai SDM yang mengedukasi masyarakat agar sadar akan zakat
b.      Melakukan aktivitas  funding atau pengumpulan ZISWAF
c.       Sebagai fasilitor Rumah Zakat dalam mantenent dan memberikan laporan mengenai mustahiq kepada muzakki
d.      Sebagai SDM laporan yang bertugas mengambil ZISWAF dan edukasi

5.      Customer Relationship Officer  bertugas melayani masyarakat yang ingin mengetahui lebih jelas mengenai Rumah Zakat dan aktivitas-aktivitasnya serta melayani konsultasi yang di ajukan oleh masyarakat di kantor Rumah Zakat.

6.      Finance of Branch mempunyai tugas antara lain:
a.       Mencatat seluruh transaksi yang masuk dan keluar setiap harinya
b.      Memasukkan transaksi yang masuk dari teller kemudian mencatatnya ulang dengan rekapan komputer dan juga secara manual
c.       Melaporkan seluruh transaksi yang terjadi selama sehari kepada keuangan pusat

7.      Teller bertugas melayani masyarakat secara langsung ataupun ZISCo yang ingin menyetorkan uang hasil donasi dan juga melayani konsultasi mengenai ZIS

8.      Penghitung Uang bertugas menghitung uang  yang masuk ke Rumah Zakat kemudian melaporkan ulang ke bagian FOB dengan sistem kerja freelance.

9.      Rumah Juara Indonesia  merupakan mitra (member of) dari Rumah Zakat Indonesia dalam bidang pendidikan untuk anak yatim dan anak yang tidak mampu secara ekonomi dengan pelayanan sekolah gratis berkualitas dan penyaluran beasiswa sekolah dari jenjang SD sampai kuliah.

10.  Rumah Sehat Indonesia merupakan   mitra dari Rumah Zakat dalam bidang kesehatan untuk masyarakat tidak mampu dengan pelayanan bersalin untuk ibu hamil, poliklinik, layanan-layanan umum kesehatan dan lain-lain, tanpa di kenakan biaya dan dengan pelayanan yang berkualitas

11.  Rumah Mandiri Indonesia merupakan mitra dari Rumah Zakat dalam bidang pemberdayaan masyarakat umum agar terampil dalam bidang kewirausahaan untuk kemandirian mustahiq.


D.     Program Rumah Zakat
Penyaluran donasi dari muzakki yang melalui optimalisasi program Rumah Zakat. Rumah Zakat menjalankan programnya melalui tiga remember of yaitu: Rumah Juara Indonesia, Rumah Sehat Indonesia dan Rumah Mandiri Indonesia. Program tersebut dapat di lihat dalam tabel berikut:
No
Program Pelaksana
Nama Program
Pengertian Program
Donasi yang dibutuhkan
1
Senyum juara oleh Rumah Juara Indonesia
Sekolah Juara
Sekolah yang di bangun untuk menyediakan pendidikan gratis berkualitas bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu
SD juara: Rp.2.000.000
SMP Juara:
Rp.2.500.000
(infrastruktur dan operasional 1 tahun)


Beasiswa Juara
Pemberian beasiswa untuk siswa yang belajar di sekolah juara baik tingkat SD maupun SMP dengan mendapat fasilitas pembelajaran berkualitas dengan gratis
Juara SD: Rp.375.000/ anak/bulan
Juara SMP: Rp.450.000/anak/bulan


Beasiswa Ceria
Pemberian beasiswa untuk anak usia sekolah dari keluarga miskin mulai dari jenjang SD, SMP, SMA dan perguruan Tinggi serta anak asuh mendapatkan kids learning centre
Ceria SD:
Rp.155.000/anak/bulan
Ceria SMP:
Rp.180.000/anak/bulan
Ceria SMU:
Rp.205.000/anak/bln
Ceria Mahasiswa:
Rp.500.000/anak/bln



Pusat pengembangan  potensi anak
Merupakan pembinaan lanjutan bagi anak asuh yang mengarah pada pemberdayaan potensi anak menuju kemandirian
Rp.200.000/anak asuh/ bln


Kemah juara
Program kreasi dan rekreasi bagi anak asuh setiap liburan sekolah akhir tahun berupa kegiatan berkemah untuk melatih sosialisasi dan kemandirian
Rp.400.000/anak


Lab.juara
Program bantuan sarana pendidikan berupa penyediaan Laboratorium Komputer dan Multimedia yang di selenggarakan di Sekolah Juara
Rp.385.000.000/ pendidikan&operasional 1 tahun


Mobil Juara
Merupakan sarana berupa mobil yang berisikan sumber belajar bagi anak-anak Indonesia khususnya bagi anak di wilayah ICD Rumah Zakat yang berisi buku bacaan anak, CD edukatif dan perangkat komputer yang terhubung dengan internet
Rp.650.000.000/ pengadaan 1 unit mobil juara & operasional  1 tahun
2
Senyum sehat  oleh Rumah sehat Indonesia
Rumah bersalin gratis
Merupakan program yang di tujukan bagi ibu hamil yang berasal dari keluarga kurang mampu yang memiliki akses minim terhadap fasilitas kesehatan. Layanan juga berupa memberikan layanan kesehatan tingkat dasar bagi ibu dan anak serta masyarakat kurang mampu pada umumnya
Rp.3.100.000.000/ 1 unit Rumah bersalin Gratis beserta sarana prasarananyan& operasional 1 tahun


Layanan bersalin gratis
Layanan berupa layanan kesehatan yang di berikan kepada ibu hamil dan keluarga kurang mampu agar dapat mengakses fasilitas kesehatan secara gratis, berupa pemeriksaan kehamilan hingga tindakan persalinan
Rp. 800.000/ member (layanan bersalin di jawa dan sumatra)

Rp. 1.000.000/ member (layanan bersalin di kalimantan, Sulawesi, dan Papua)


Armada sehat keluarga
Melayani masyarakat secara mobile yang meliputi pemeriksaan kehamilan dan pemberian suplemen untuk ibu hamil, pelayanan kesehatan umum dan gigi tingkat dasar, penyuluhan kesehatan untuk masyarakat, pemeriksaan tumbuh kembang balita dan pemberian makanan tambahan untuk anak dan balita.
Rp.1.900.000.000/ 1 unit AMARA & pelayanan program selama 1 tahun


Ambulans ringankan duka(ARINA) &jenazah mobil
Bertujuan untk meringankan beban masyarakat kurang mampu dalam mengantarkan jenazah menuju pemakaman
Rp.560.000.000/ 1 kali pengadaan armada ARINA & pelayanan program selama 1 tahun


Siaga sehat
Pelayanan kesehatan berupa penyuluhan kesehatan, pemeriksaan hingga pengobatan gratis bagi warga yang kurang mampu
Rp.4.250.000/ 1 kali layanan untuk 100 pasien


Siaga gizi balita
Merupakan program perbaikan gizi balita yang terindikasi bawah garis merh dalam kartu menuju sehat untuk meningkatkan kualitas tumbuh kembang balita terutama yang berasal dari keluarga kurang mampu
Rp.450.000/ untuk edukasi, makanan tambahan dan pemeriksaan setiap bulan


Khitanan Massal
Di peruntukkan bagi anak-anak yang tinggal di Integrated Community Development di kota jaringan Rumah Zakat, bekerjasama dengan tenaga medis yang profesional di bidangnya
Rp.3.750.000/ 10 orang peserta khitan


Operasi katarak gratis
Program layanan operasi katarak gratis bagii masyarakat kurang mampu berupa tindakan medis operasi oleh tenaga kerja medis profesional, fasilitas transportasi menuju Rumah Sakit, fasilitas kesehatan untk operasi, obat serta check up pasca operasi
Rp.3.750.000/ 1 kali operasi katarak


Jaminan kesehatan keluarga
Program penjaminan dana kesehatan untuk pemeliharaan kesehatan secara berkala, bagi keluarga inti yang menjadi member pemberdayaan rumah zakat meliputi ayah, ibu, dan dua anak usia sekolah
Rp.150.000/keluarga/bln


Pengantaran jenazah/pasien
Layanan pengantaran jenazah atau pasien gratis bagi masyarakat yang sedang tertimpa musibah atau sakit
Rp.100.000/ operasional per 1 kali pengantaran
3
Senyum mandiri oleh rumah mandiri Indonesia
Kredit usaha kecil mandiri
(KUKMI)
Memberikan pendampingan dan bantuan modal usaha bagi member yang telah memiliki usaha mikro dengan mekanisme berkelompok
Rp.25.000.000/ 10 member KUKMI


Cake House
Anggota program cake house akan mendapatkan pelatihan, pendampingan, serta bantuan modal usaha di bidang produksi makanan (varian & roti) untuk di komersilkan
Rp.52.036.000/10 member cake house


Pelatihan kewirausahaan
Pelatihan yang memberikan skill produktif untuk meningkatkan potensi lokal individu dan lingkungan di wilayah pemberdayaan terpadu Rumah Zakat atau Integrated Community Development
Rp.12.000.000/ 10 member


Empowering Centre
Pusat pemberdayaan dengan membangun dan mendirikan berbagai infrastruktur serta sarana penunjang aktivitas pemberdayaan komunitas dan lingkungan wilayah ICD
Rp.122.500.000/ infrastruktur dan operasional 1 tahun


Siaga gizi nusantara
Pengadaan makanan siap saji dalam kemasan kaleng untuk didistribusikan di kawasan minus, rawan pangan, ataupun wilayah yang terkena bencana
Rp.62.500.000/ 500 kaleng


Water well
Program pengadaan sarana air bersih dan sanitasi publik di kawasan ICD sebagai bagian dari perilaku hidup bersih di kota besar dan di pedesaan
Rp.47.600.000/ 1 unit pembangunan Water Well


Toilet sehat keluarga
Merupakan sarana sanitasi keluarga bagi 1 KK di kawasan ICD  untuk dapat mengakses air bersih dari infrastruktur yang baik dan sesuai standar kesehatan dan sanitasi
Rp.12.300.000/ 1 unit pembangunan TOSKA
            Sumber: Website Rumah Zakat  dengan alamat www.rumahzakat.org, 2010, di olah kembali







Daftar Pustaka

---------, Majalah Rumah Lentera, edisi 47 tahun 5, Rumah Zakat, Oktober, 2010 

0 komentar:

Posting Komentar