A.
Sejarah
dan perkembangan rumah zakat
Rumah
zakat indonesia berdiri pada tahun 1998 yang nama asalnya adalah Dompet sosial
Ummul quro. DSUQ di dirikan oleh Abu Syauqi, salah satu tokoh da’i muda
bandung, bersama beberapa rekan di kelompok pengajian majlis ta’lim ummul quro.
Seiring dengan perkembanggannya zaman
dan kesadaran masyarakat, dukungan terus datang. Hingga pada tahun 1998-1999,
jumlah donasi yang terkumpul sebanyak Rp 0,8 Milyar. Pemekaran DSUQ mulai di
lakukan yaitu dengan membuka kantor cabang di Y ogyakarta pada bulan Mei 2000 di Jl.Veteran No.9
Yogyakarta. Donasi yang terkumpul selama setahun meningkat menjadi 2,1 Milyar. Pemekaran di lakukan
kembali yaitu pada bulan Februari 2001
dengan di dirikannya kantor cabang di Jakarta pada tahun 2003 , DSUQ berubah
nama menjadi Rumah
Zakat
Indonesia dengan turunnya Sk Menteri Agama RI No.157 pada tanggal 18 maret 2003
yang mensertifikasi organisasi tersebut sebagai lembaga Amil Zakat Nasional.
Bulan Mei, Rumah zakat indonesia DSUQ hadir di ibu kota surabaya. Di susul
kemudian pada tahun 2004-2005, perluasan cabang di tangerang, sumatera
(pekanbaru dan riau,)aceh, medan, padang , palembang, batam dan semarang . di tambah jaringan kantor cabang pembantu di
Bekasi, Bogor, Depok, Jakarta selatan , cirebon dan solo. Cabang pekanbaru juga
berekspansi dengan memiliiki kantor cabang pembantu duri dan damai
Pada
tahun 2007, pengembangan program semakin disempurnakan termasuk dengan
mengganti istilah departemen Empowering menjadi direktorat program implementasi. Program mulai
difokuskan hingga mengerucut pada empat induk yaitu EduCare, HealthCare, YouthCare,dan EcoCare. Pengelolaan
program dilakukan dengan konsep terintegrasi dan berkelanjutan berbasis
komunitas.
Pembelajaran
untuk menjadi organisasi yang amanah dan professional terus dilakukan, salah satunya dengan penguatan
program- program Human Capital. Di luncurkan
program seperti EAZI (Executive Amil Zakat Indonesia), ADP (Amil Development Program) dan
sebagainya. Kehiatan peningkatan kapasitas ini terbukti efektif kompetensi
memenuhi tuntutan profesi dan masyarakat.
Tahun
2009 menjadi Tahun pertama pasca 10 tahun pertama milestone Rumah Zakat
Indonesia. Guna penguatan organisasi dikokohkan organisasi baru pemberdayaan ,
yaitu: Rumah Sehat Indonesia (pengelola program kesehatan), Rumah Juara
Indonesia (pengelola program pendidikan), Rumah Mandiri Indonesia (pengelola
program kemandirian ekonomi ).
Peningkatan jumlah unit layanan terus di
lakukan.
Pada
tanggal 5 April 2010, resmi di luncurkan brand baru RUMAH ZAKAT menggantikan
brand sebelumnya RUMAH ZAKAT INDONESIA
dengan mengungsung tiga brand
value baru: Trusted, Progressive dan Humanitarian. Organisasi
ini menajamkan karakter menuju “World Class Socio Religious Non Governance
Organization (NGO).
Sharing Confidence di angkat menjadi positioning.”
Dengan keyakinan yang kuat untuk berbagi dan menciptakan keluarga global yang
lebih baik, Rumah Zakat berdaya upaya untuk menjadi organisasi terdepan di
region yang menjamin program efektif dan berkesinambungan dalam memberdayakan
masyarakat untuk mencapai kehidupan yang lebih baik.”
Secara
keseluruhan desain menggambarkan organisasi yang berkomitmen untuk terus
memberi dan berbagi kepada masyarakat. Rumah dengan pintunya menjadi
perlambangan sebuah organisasi yang terbuka dan memberi kebaikan untuk
masyarakat. Bentuk rumah yang tampak
seperti tanda panah mengarah ke atas melambangkan pergerakan organisasi Rumah
Zakat yang progresif dan terus membangun kemandirian masyarakat. Sementara hati
menandakan cinta kasih sayang menjadi landasan bagi Rumah Zakat dalam
menjalankan aktivitas kemanusiaan dan pemberdayaan.
Brand baru yang di usung Rumah Zakat
saat ini melahirkan wajah baru dari program pemberdayaan masyarakat. Jika
sebelumnya ada empat fokus program yakni EduCare,
HealthCare, YouthCare dan EcoCare,
maka untuk saat ini keempatnya bertransformasi menjadi Senyum Juara, Senyum
Sehat dan Senyum Mandiri. Tentunya transformasi itu tak hanya sekedar mengganti
nama program saja, tapi juga kepada komponen di dalamnya. Merangkai Senyum
Indonesia adalah sebuah upaya dari Rumah Zakat untuk turut membangun negeri dan bersinergi meningkatkan
Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) yang tahun 2009 lalu masih menempatkan Indonesia pada
urutan ke-III dari 176 negara (Human
Development Report 2009 UNDP). Tujuan dari program ini adalah membentuk
Keluarga Mandiri di wilayah binaan atau
dikenal dengan Integrated Community
Development (ICD)
B.
Visi
, Misi DAN Budaya Kerja
1.
Visi
Menjadi
Lembaga Amil Zakat Bertaraf Internasional yang Unggul dan Terpercaya.
2.
Misi
a.
Membangun
Kemandirian Masyarakat Melalui Pemberdayaan secara Produktif
b.
Menyempurnakan
Kualitas Pelayanan Masyarakat Melalui Keunggulan insani
3.
Budaya
Kerja
a.
Amanah
b.
Profesional
c.
Kemudahan
d.
Sinergi
e.
Ketepatan
Penyaluran
f.
Kejelasan
Laporan
C.
Manajemen
Rumah Zakat
1.
Struktur
Rumah Zakat Pusat
a.
Chief Executive Officer oleh Rachmat Ari Kusumanto
b.
Chief Operating Officer oleh Sri Nurmiyati
c.
Chief Corporate Funding Officer oleh Dr. Pamungkas Hendra Kusuma
d.
Chief Retail Funding Officer oleh Nur Efendi
e.
Chief Program Officer oleh Asep Mulyadi
3.
Tugas
Karyawan Rumah Zakat Cabang Yogyakarta
a.
Branch Manager bertugas mengelola dan mengawasi
kinerja operasional yang dilakukan oleh Rumah Zakat dan Member of di daerah
tersebut.
b.
Resources of Branch merupakan kepala operasioanal di
kantor cabang yang tugasnya antara lain mengenai masalah SDM, asset dan inventaris perusahaan dan juga hal-hak yang berkaitan dengan
keberlangsungan operasional lembaga.
c.
House Hold bertugas menangani masalah
kerumahtanggaan lembaga serta menjaga kebersihan dan ketertiban peralatan
lembaga.
d.
Security bertugas mengamankan seluruh
asset yang dimiliki oleh Rumah Zakat di waktu malam hari.
4.
ZIS Consultant mempunyai tugs antara lain:
a.
Sebagai
SDM yang mengedukasi masyarakat agar sadar akan zakat
b.
Melakukan
aktivitas funding atau pengumpulan ZISWAF
c. Sebagai fasilitor Rumah Zakat
dalam mantenent dan memberikan laporan mengenai mustahiq kepada muzakki
d.
Sebagai
SDM laporan yang bertugas mengambil ZISWAF dan edukasi
5.
Customer Relationship Officer
bertugas melayani masyarakat yang ingin mengetahui lebih jelas mengenai
Rumah Zakat dan aktivitas-aktivitasnya serta melayani konsultasi yang di ajukan
oleh masyarakat di kantor Rumah Zakat.
6.
Finance of Branch mempunyai tugas antara lain:
a.
Mencatat
seluruh transaksi yang masuk dan keluar setiap harinya
b.
Memasukkan
transaksi yang masuk dari teller kemudian mencatatnya ulang dengan rekapan
komputer dan juga secara manual
c.
Melaporkan
seluruh transaksi yang terjadi selama sehari kepada keuangan pusat
7.
Teller bertugas melayani masyarakat
secara langsung ataupun ZISCo yang ingin menyetorkan uang hasil donasi dan juga
melayani konsultasi mengenai ZIS
8.
Penghitung Uang bertugas menghitung uang yang masuk ke Rumah Zakat kemudian melaporkan
ulang ke bagian FOB dengan sistem kerja freelance.
9.
Rumah Juara Indonesia
merupakan mitra (member of)
dari Rumah Zakat Indonesia dalam bidang pendidikan untuk anak yatim dan anak
yang tidak mampu secara ekonomi dengan pelayanan sekolah gratis berkualitas dan
penyaluran beasiswa sekolah dari jenjang SD sampai kuliah.
10. Rumah
Sehat Indonesia
merupakan mitra dari Rumah Zakat dalam
bidang kesehatan untuk masyarakat tidak mampu dengan pelayanan bersalin untuk
ibu hamil, poliklinik, layanan-layanan umum kesehatan dan lain-lain, tanpa di
kenakan biaya dan dengan pelayanan yang berkualitas
11. Rumah
Mandiri Indonesia
merupakan mitra dari Rumah Zakat dalam bidang pemberdayaan masyarakat umum agar
terampil dalam bidang kewirausahaan untuk kemandirian mustahiq.
D.
Program
Rumah Zakat
Penyaluran
donasi dari muzakki yang melalui
optimalisasi program Rumah Zakat. Rumah Zakat menjalankan programnya melalui
tiga remember of yaitu: Rumah Juara
Indonesia, Rumah Sehat Indonesia dan Rumah Mandiri Indonesia. Program tersebut
dapat di lihat dalam tabel berikut:
No
|
Program
Pelaksana
|
Nama
Program
|
Pengertian
Program
|
Donasi
yang dibutuhkan
|
1
|
Senyum
juara oleh Rumah Juara Indonesia
|
Sekolah
Juara
|
Sekolah
yang di bangun untuk menyediakan pendidikan gratis berkualitas bagi anak-anak
dari keluarga kurang mampu
|
SD
juara: Rp.2.000.000
SMP
Juara:
Rp.2.500.000
(infrastruktur
dan operasional 1 tahun)
|
Beasiswa
Juara
|
Pemberian
beasiswa untuk siswa yang belajar di sekolah juara baik tingkat SD maupun SMP
dengan mendapat fasilitas pembelajaran berkualitas dengan gratis
|
Juara
SD: Rp.375.000/ anak/bulan
Juara
SMP: Rp.450.000/anak/bulan
|
||
Beasiswa
Ceria
|
Pemberian
beasiswa untuk anak usia sekolah dari keluarga miskin mulai dari jenjang SD,
SMP, SMA dan perguruan Tinggi serta anak asuh mendapatkan kids learning centre
|
Ceria
SD:
Rp.155.000/anak/bulan
Ceria
SMP:
Rp.180.000/anak/bulan
Ceria
SMU:
Rp.205.000/anak/bln
Ceria
Mahasiswa:
Rp.500.000/anak/bln
|
||
Pusat
pengembangan potensi anak
|
Merupakan
pembinaan lanjutan bagi anak asuh yang mengarah pada pemberdayaan potensi
anak menuju kemandirian
|
Rp.200.000/anak
asuh/ bln
|
||
Kemah
juara
|
Program
kreasi dan rekreasi bagi anak asuh setiap liburan sekolah akhir tahun berupa
kegiatan berkemah untuk melatih sosialisasi dan kemandirian
|
Rp.400.000/anak
|
||
Lab.juara
|
Program
bantuan sarana pendidikan berupa penyediaan Laboratorium Komputer dan Multimedia
yang di selenggarakan di Sekolah Juara
|
Rp.385.000.000/
pendidikan&operasional 1 tahun
|
||
Mobil
Juara
|
Merupakan
sarana berupa mobil yang berisikan sumber belajar bagi anak-anak Indonesia
khususnya bagi anak di wilayah ICD Rumah Zakat yang berisi buku bacaan anak,
CD edukatif dan perangkat komputer yang terhubung dengan internet
|
Rp.650.000.000/
pengadaan 1 unit mobil juara & operasional 1 tahun
|
||
2
|
Senyum
sehat oleh Rumah sehat Indonesia
|
Rumah
bersalin gratis
|
Merupakan
program yang di tujukan bagi ibu hamil yang berasal dari keluarga kurang
mampu yang memiliki akses minim terhadap fasilitas kesehatan. Layanan juga
berupa memberikan layanan kesehatan tingkat dasar bagi ibu dan anak serta
masyarakat kurang mampu pada umumnya
|
Rp.3.100.000.000/
1 unit Rumah bersalin Gratis beserta sarana prasarananyan& operasional 1
tahun
|
Layanan
bersalin gratis
|
Layanan
berupa layanan kesehatan yang di berikan kepada ibu hamil dan keluarga kurang
mampu agar dapat mengakses fasilitas kesehatan secara gratis, berupa
pemeriksaan kehamilan hingga tindakan persalinan
|
Rp.
800.000/ member (layanan bersalin
di jawa dan sumatra)
Rp.
1.000.000/ member (layanan bersalin
di kalimantan, Sulawesi, dan Papua)
|
||
Armada
sehat keluarga
|
Melayani
masyarakat secara mobile yang meliputi pemeriksaan kehamilan dan pemberian
suplemen untuk ibu hamil, pelayanan kesehatan umum dan gigi tingkat dasar,
penyuluhan kesehatan untuk masyarakat, pemeriksaan tumbuh kembang balita dan
pemberian makanan tambahan untuk anak dan balita.
|
Rp.1.900.000.000/
1 unit AMARA & pelayanan program selama 1 tahun
|
||
Ambulans
ringankan duka(ARINA) &jenazah mobil
|
Bertujuan
untk meringankan beban masyarakat kurang mampu dalam mengantarkan jenazah
menuju pemakaman
|
Rp.560.000.000/
1 kali pengadaan armada ARINA & pelayanan program selama 1 tahun
|
||
Siaga
sehat
|
Pelayanan
kesehatan berupa penyuluhan kesehatan, pemeriksaan hingga pengobatan gratis
bagi warga yang kurang mampu
|
Rp.4.250.000/
1 kali layanan untuk 100 pasien
|
||
Siaga
gizi balita
|
Merupakan
program perbaikan gizi balita yang terindikasi bawah garis merh dalam kartu
menuju sehat untuk meningkatkan kualitas tumbuh kembang balita terutama yang
berasal dari keluarga kurang mampu
|
Rp.450.000/
untuk edukasi, makanan tambahan dan pemeriksaan setiap bulan
|
||
Khitanan
Massal
|
Di
peruntukkan bagi anak-anak yang tinggal di Integrated Community Development di kota jaringan Rumah Zakat,
bekerjasama dengan tenaga medis yang profesional di bidangnya
|
Rp.3.750.000/
10 orang peserta khitan
|
||
Operasi
katarak gratis
|
Program
layanan operasi katarak gratis bagii masyarakat kurang mampu berupa tindakan
medis operasi oleh tenaga kerja medis profesional, fasilitas transportasi
menuju Rumah Sakit, fasilitas kesehatan untk operasi, obat serta check up pasca operasi
|
Rp.3.750.000/
1 kali operasi katarak
|
||
Jaminan
kesehatan keluarga
|
Program
penjaminan dana kesehatan untuk pemeliharaan kesehatan secara berkala, bagi
keluarga inti yang menjadi member pemberdayaan rumah zakat meliputi ayah,
ibu, dan dua anak usia sekolah
|
Rp.150.000/keluarga/bln
|
||
Pengantaran
jenazah/pasien
|
Layanan
pengantaran jenazah atau pasien gratis bagi masyarakat yang sedang tertimpa
musibah atau sakit
|
Rp.100.000/
operasional per 1 kali pengantaran
|
||
3
|
Senyum
mandiri oleh rumah mandiri Indonesia
|
Kredit
usaha kecil mandiri
(KUKMI)
|
Memberikan
pendampingan dan bantuan modal usaha bagi member yang telah memiliki usaha
mikro dengan mekanisme berkelompok
|
Rp.25.000.000/
10 member KUKMI
|
Cake House
|
Anggota
program cake house akan mendapatkan pelatihan, pendampingan, serta bantuan
modal usaha di bidang produksi makanan (varian & roti) untuk di
komersilkan
|
Rp.52.036.000/10
member cake house
|
||
Pelatihan
kewirausahaan
|
Pelatihan
yang memberikan skill produktif untuk meningkatkan potensi lokal individu dan
lingkungan di wilayah pemberdayaan terpadu Rumah Zakat atau Integrated
Community Development
|
Rp.12.000.000/
10 member
|
||
Empowering Centre
|
Pusat
pemberdayaan dengan membangun dan mendirikan berbagai infrastruktur serta
sarana penunjang aktivitas pemberdayaan komunitas dan lingkungan wilayah ICD
|
Rp.122.500.000/
infrastruktur dan operasional 1 tahun
|
||
Siaga
gizi nusantara
|
Pengadaan
makanan siap saji dalam kemasan kaleng untuk didistribusikan di kawasan
minus, rawan pangan, ataupun wilayah yang terkena bencana
|
Rp.62.500.000/
500 kaleng
|
||
Water well
|
Program
pengadaan sarana air bersih dan sanitasi publik di kawasan ICD sebagai bagian
dari perilaku hidup bersih di kota besar dan di pedesaan
|
Rp.47.600.000/
1 unit pembangunan Water Well
|
||
Toilet
sehat keluarga
|
Merupakan
sarana sanitasi keluarga bagi 1 KK di kawasan ICD untuk dapat mengakses air bersih dari
infrastruktur yang baik dan sesuai standar kesehatan dan sanitasi
|
Rp.12.300.000/
1 unit pembangunan TOSKA
|
Daftar Pustaka
---------, Majalah Rumah Lentera, edisi 47 tahun 5, Rumah Zakat, Oktober, 2010
0 komentar:
Posting Komentar