DAFTAR
ISI
Halaman judul .................................................................................................................... 0
Daftar Isi............................................................................................................................. 1
Bab I.................................................................................................................................... 2
Pendahuluan........................................................................................................................ 2
Bab II.................................................................................................................................. 3
Pembahasan......................................................................................................................... 3
Pengertian Pemasaran
dan Lingkungan Pemasaran............................................................. 3
Pembagian Lingkungan
Pemasaran..................................................................................... 3
Struktur Industri.................................................................................................................. 8
Pesain yang
Berpotensial..................................................................................................... 9
Saingan diantara
perusahaan yang sejenis........................................................................... 9
Kekuatan Penawaran Pembeli.............................................................................................
11
Ancaman Barang
Substitusi................................................................................................
11
Level Persaingan..................................................................................................................
12
Tanggapan Manajemen........................................................................................................
12
Menghadapi Lingkungan
Pemasaran...................................................................................
12
BAB III...............................................................................................................................
14
Penutup................................................................................................................................
14
Daftar Pustaka.....................................................................................................................
15
BAB
I
PENDAHULUAN
Apakah yang dimaksud
dengan lingkungan pemasaran? Sebelum menjawab mengenai lingkungan pemasaran
kita harus tau apakah yang di maksud dengan lingkungan dan pemasaran. Dalam
kehudipan tentu kita mengenal dengan kata lingkungan, lingkungan adalah segala
faktor yang berada di sekitar dan di dalam suatu subjek yang dapat mempengaruhi
subjek itu sendiri. Sedangakan pemasaran, menurut Philip Kotler dan Amstrong
adalah suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu memperoleh apa
yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal-balik
produk dan nilai dengan yang lain.
Dari pengertian diatas
dapat diartikan lingkungan pemasaran adalah pelaku dan kekuatan di luar
pemasaran yang mempengaruhi-mempengaruhi manajemen pemasaran untuk membangun
dan mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran. Dari
pengertian tersebut dapat diartikan lingkungan pemasaran yaitu faktor – faktor
yang dapat mempengaruhi keputusan manajemen untuk mempertahankan dan atau
membangun produk supaya konsumen loyal terhadap produk yang diproduksi.
Sehingga manajemen pemasaran harus terus mengawasi dan menyesuaikan diri
terhadapa lingkungan yang selalu mengalami perubahan karena perubahan
lingkungan dapat menjadikan peluang dan ancaman yang dapat memperngruhi
perusahaan kedepannya.
Penyusun
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Pemasaran dan Lingkungan
Pemasaran
Pengertian
Pemasaran
Pemasaran
pada dasarnya
merupakan suatu proses perpindahan barang atau jasa dari tangan produsen ke
tangan konsumen. Lebih lanjut beberapa ahli memberikan bermacam-macam batasan
tentang pemasaran diantaranya dikemukakan oleh Philip Kotler: adalah semua proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok
mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, manawarkan dan
bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain. Sedangkan pengertian pemasaran menurut American
Marketing Association adalah sebagai berikut:
Pemasaran merupakan suatu
proses perencanaan dan pengembangan kegiatan usaha yang meliputi kebijakan
harga, promosi, dan distribusi sejumlah ide, barang atau jasa yang diarahkan
pada suatu proses pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.
Pengertian Lingkungan
Pemasaran
Suatu Perusahaan:
Pelaku-pelaku (aktor) dan kekuatan-kekuatan yang
berada diluar fungsi manajemen
pemasaran perusahaan yg akan mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk
mengembangkan dan membina transaksi yang berhasil dengan para pelanggan
sasarannya.
B. Pembagian Lingkungan Pemasaran
1.
Lingkungan Mikro
Yang dimaksud dengan lingkungan mikro adalah
faktor-faktor lingkungan di luar perusahaan yang memberi pengaruh secara
langsung dan cukup kuat pada perusahaan dalam proses pengambilan keputusan
pemasaran perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk
melayani pelanggan, terdiri dari:
a.
Perusahaan
Dalam merumuskan rencana pemasaran
harus memperhitungkan kelompok-kelompok lainnya dalam perusahaan
misalnya; ManajemenPuncak,
Keuangan, Pembelian, Produksi dan Akuntansi, dll.
Bagian-bagian ini membentuk suatu
lingkungan mikro suatu perusahaan untuk perencana pemasaran.
b.
Pemasok
Adalah perusahaan bisnis dan
perorangan yg menyediakan sumberdaya yg dibutuhkan oleh perusahaan dan
pesaingnya untuk memproduksi barang dan jasa tertentu.
c.
Perantara
Perantara Pemasaran adalah mereka
yg membantu perusahaan dalam mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan
barang kepada pembeli akhir. Para perantara ini meliputi :
·
Middleman, perusahaan yg membantu
mendapatkan pelanggan
·
Perusahaan Distribusi Fisik, membantu
perusahaan dlm menyediakan & memindahkan barang dari tempat asal ke tempat
tujuan.
·
Biro Jasa Pemasaran, meliputi perusahaan
riset, biro iklan, perusahaan media, dan perusahaan konsultan pemasaran,
mencarikan sasaran dan menpromosikan produk ke pasar sasaran secara tepat.
·
Perantara Keuangan, meliputi bank,
perusahaan kredit, perusahaan asuransi, dll dalam membantu transaksi keuangan
dan atau menanggung resiko sehubungan dengan pembelian dan penjualan barang.
d.
Pelanggan
Yaitu sejumlah individu, kelompok, organisasi
yang menkonsumsi suatu produk. Perusahaan perlu
mengetahui karakteristik dan keinginan pelanggannya yang merupakan para pembeli
produk dan jasa yang ditawarkan. Perusahaan harus berusaha mengutamakan kepuasan
kepada pelanggannya dengan menawarkan produk dan jasa yang sesuai kebutuhan dan
keinginannya. Dalam hal ini masalah konsumerisme menjadi sesuatu yang penting
untuk melindungi konsumen secara hukum dari propaganda palsu perusahaan yang
mengutamakan keuntungan yang besar dalam jangka pendek.
e.
Pesaing
Yaitu individu, kelompok,
organisasi yang sama-sama melakukan pemasaran kepada konsumen. Lingkungan persaingan sangat mempengaruhi kesuksesan usaha
pemasaran suatu perusahaan untuk meraih pasar sasarannya. Perusahaan perlu
mengetahui berbagai karakteristik dalam lingkungan persaingannya seperti
struktur industri, strategi pemasaran para pesaing, tingkat atau ukuran
persaingan, dan aspek persaingan lainnya untuk memberikan nilai yang lebih
kepada pelanggannya dibanding pesaing.
f.
Masyarakat (Publik)
Yaitu terdiri dari kelompok masyarakat yang mempunyai
kepentingan dengan perusahaan, seperti karyawan, pemegang saham, lembaga
keuangan, masyarakat, media massa, dan lembaga swadaya masyarakat.
Tujuh jenis publik yang
mengelilingi perusahaan antara lain:
·
Publik Keuangan
·
Publik Media
·
Publik Keuangan
·
Publik Media
·
Publik Pemerintah
·
Publik Kekuatan Warga
·
Publik Lokal
·
Publik Umum
·
Publik Internal
2.
Lingkungan Makro
Yaitu
kekuatan masyarakat yang lebih luas yang mempengaruhi seluruh lingkungan mikro
pemasaran perusahaan yang mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap pemasaran.
Lingkungan
Makro terdiri dari:
a.
Demografi
Berisikan tentang data kependudukan beserta
karakteristik distribusinya. Perusahaan perlu melihat kecenderungan demografi
utama dan karakteristiknya karena dapat berimplikasi pada pengambilan keputusan
dalam perencanaan pemasaran. Yang mana data ini berisi tentang:
·
Perubahan struktur usia
·
Perubahan struktur keluarga
·
Wanita makin sibuk bekerja
·
Meningkatnya pendidikan
·
Pertambahan penduduk yang besar
b.
Ekonomi
Yaitu
faktor-faktor yang mempengaruhi daya beli dan pola pembelanjaan konsumen. Daya
beli total tergantung pada pendapatan, harga, tabungan, dan kredit pada waktu
yang bersangkutan.
Pemasar
harus mengetahui kecendrungan utama dalam pendapatan, dan harus selalu sadar
akan adanya pola pembelanjaan konsumen yang terus berubah.
Adapun
faktor-faktor yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:
·
Perubahan Pendapatan
·
Tingkat Pengangguran
·
Perubahan Pola Konsumsi
·
Tingkat Inflasi
·
Tingkat Suku Bunga
·
Pembangunan Ekonomi
Salah
satu contoh, di saat tingkat inflasi tinggi yang ditandai oleh adanya
peningkatan harga barang-barang di pasaran, maka tingkat konsumsi masyarakat
cenderung menurun dan tingkat minat untuk menabung menjadi
c.
Lingkungan Alam
Lingkungan alam adalah sumber daya
alam yang digunakan sebagai bahan untuk produksi dan sebagai aktifitass
pemasaran. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu sebagai berikut:
·
Campur tangan pemerintah
·
Terbatasnya SDA
·
Meningkatnya biaya energi
·
Tingkat populasi tinggi
Pemasar
perlu
memperhatikan hal-hal seperti keterbatasan sumber daya alam, pelestarian
lingkungan, dan meningkatnya polusi dan biaya energi untuk penentuan program
pemasaran suatu produk. Misal dengan adanya isu-isu gerakan hijau untuk
perlindungan alam (green marketing), sebaiknya perusahaan
menciptakan kemasan produk yang ramah lingkungan (bukan berasal dari bahan baku
yang susah diuraikan secara biologis, tidak menimbulkan efek rumah kaca/
merusak lapisan ozon).
d.
Lingkungan Teknologi
Yaitu terdiri dari
kekuatan-kekuatan yang mempengaruhi teknologi baru, yang menciptakan produk
baru dan peluang-peluang pasar yang baru. Pemasar harus memperhatikan
kecenderungan-kecenderungan teknologi berikutnya, antara lain:
·
Cepatnya laju perubahan teknologi
·
Peluang-peluang yang tak terbatas
·
Tingginya anggaran litbang
·
Meningkatnya peraturan
·
Fokus terhadap perbaikan minor
Perubahan
teknologi membawa
dampak pada perubahan gaya hidup dan pola konsumsi pasar. Untuk itu dibutuhkan
adanya inovasi penelitian dan pengembangan (R&D) untuk menciptakan ide-ide
kreatif produk baru yang berorientasi pasar karena adanya kebutuhan konsumen
yang perlu terpenuhi. Misal adanya perkembangan teknologi informasi dan adanya
gaya hidup yang menuntut kepraktisan menuntut pemasar untuk lebih menawarkan
program pemasaran terutama kebijakan pendistribusian produk malalui fasilitas
internet atau electronic marketing seperti internet based stores, electronic
catalog, video marketing, mail marketing.
e.
Politik
Lingkungan ini terdiri dari
undang-undang, instansi pemerintah, dan kelompok penekan yang mempengaruhi dan
membatasi organisasi dan pribadi dalam masyarakat. Kecenderungan politik utama
yg mempengaruhi manajemen pemasaran adalah:
· Undang-undang
yang mengatur perusahaan
· Perubahan
pelaksanaan undang-undang
· Pertumbuhan
kelompok pembela kepentingan publik.
· Meningkatnya
tekanan
· Meningkatnya
perhatian terhadap etika
Sebagai
contoh, pengaturan pemerintah untuk melindungi kepentingan konsumen dari
perilaku bisnis yang tidak terkendalikan melalui Yayasan Lembaga Konsumen
Indonesia (YLKI) membawa dampak pada pengawasan produk secara lebih intensif.
f.
Lingkungan Budaya
Lingkungan budaya (cultural)
terdiri dari lembaga-lembaga dan kekuatan lain yg mempengaruhi nilai dasar,
persepsi, preferensi, dan perilaku masyarakat yaitu:
·
Faktual
Tampak jelas dari
perbedaan warna dan selera
·
Interpretive
Harus ditafsirkan lebih
dalam berhubungan dengan perasaan
Pergeseran nilai budaya, cara hidup, nilai-nilai
sosial, keyakinan dan kesenangan dari suatu masyarakat perlu mendapat perhatian
pemasar karena dapat mempengaruhi program pemasaran. Misal adanya gaya hidup
dari kalangan menengah ke atas membawa dampak pada kebijakan periklanan yang
menekankan pada unsur estetis dan kesan glamour.
C.
STRUKTUR
INDUSTRI
Dalam
persaingan di antara perusahaan terdapat 4 buah struktur yang mana satu sama
lainnya saling berkaitan yaitu:
1.
Pemasok
Berpengaruh dalam industri dalam
kekuatan tawarnya terhadap pembeli
2.
Pembeli
Adapun pembeli berpengaruh juga
dalam kekuatan tawarnya terhadap pemasok
3.
Pendatang Baru
Dalam persaingan industri pendatang
baru dapat menjadi ancaman bagi industri-industri sebelumnya apabila pendatang
tersebut menawarkan segala sesuatunya yang lebih baik dari pada industri
sebelumnya.
4.
Produk Pengganti
Adapun produk pengganti saat
memasuki pasar akan menjadi ancaman bagi industri-industri produk subtitusi,
apabila produk pengganti ini lebih baik dari produk substitusi lainnya.
D.
PESAING
YANG BERPOTENSIAL
1.
Definisi
Pesaing yang berpotensial adalah
pesaing yang memiliki kemampuan lebih dan
mempunyai potensi untuk berkompetisi yang mana sebelunya telah melewati
rintangan-rintangan atau tahapan-tahapan untuk menjadi pesaing yang
berpotensial.
2.
Kewajiban Perusahaan
Adapun
kewajiban perusahaan untuk menjadi pesaing yang berpotensial yaitu:
1.
Internal
·
Manajemen yang baik dan benar
·
Penghargaan bagi karyawan yang
berprestasi
2.
Ekstenal
·
Promosi atau iklan, bisa melalui median jaringan
sosial
·
Bekerjasama dengan perusahaan lain
·
Segmentasi pasar terhadap lokasi, selera
masyarakat dan lain-lain.
·
Trend masyarakat
3.
Rintangan untuk menjadi pesaing yang
potensial:
·
Brand
·
Keuntungan yang pasti atau nyata
·
Skala Ekonomi
·
Peraturan Pemerintah
4.
Melewati rintangan dan bersaing.
E.
SAINGAN
DIANTARA PERUSAHAAN YANG SEJENIS
a)
Struktur-struktur kompetitif industri:
1.
Fragmentasi, Pasar Persaingan Sempurna (Prefect
Competition)
Ciri-ciri pasar
ini antara lain :
a.
Jumlah
produsen banyak dan volume produksi setiap produsen hanya merupakan bagian yang
kecil dari volume transaksi total didalam pasar.
b.
Produk
yang dihasilkan oleh para produsen adalah “homogen” sehingga produksi satu
produsen merupakan subtitut yang sempurna bagi hasil produksi dari produsen
lain.
c.
Setiap
produsen bisa mendapatkan informasi pasar (harga yang berlaku) dengan cepat dan
tepat (sempurna).
2.
Konsiladasi (Monopoly)
Monopoli
adalah suatu keadaan dimana didalam pasar hanya ada satu produsen / penjual
sehingga tidak ada pihak lain yang menyainginya. Suatu perusahaan monopoli bisa timbul karena
beberapa sebab, antara lain :
a.
Penguasaan
bahan mentah strategis.
b.
Hak
paten, merupakan hak produksi untuk suatu
macam barang tertentu atau cara produksi tertentu.
c.
Terbatasnya pasar untuk suatu barang, yang mungkin hanya
bisa memberikan “ruang hidup” untuk satu perusahaan saja.
d.
Pemberian
hak monopoli oleh pemerintah
3.
Oligopoly
Adalah keadaan dimana hanya ada beberapa (misalnya 2 –
10 perusahaan) yang menguasai pasar baik
secara independen (sendiri-sendiri) maupun secara diam-diam bekerja sama.
Oligopoli bisa
dibedakan menjadi 2, yaitu ;
a.
Oligopoli
dengan differensiasi produk,
yaitu setiap perusahaan mempunyai merek khusus tersendiri , misalnya industri
kosmetik, industri mobil di Indonesia.
b. Oligopoli tanpa differensiasi produk, misalnya
industri seng, industri pipa besi dan sebagainya.
4.
Monopolistis
Ciri-ciri
persaingan monopolistis antara lain :
a.
Terdapat
banyak produsen di pasar, tetapi ada unsur-unsur differensiasi produk
(perbedaan merek, bungkus dan
sebagainya) diantara produk-produk yang dihasilkan oleh masing-masing produsen.
b.
Adanya
kemampuan produsen (secara individual) untuk mempengaruhi (betapapun kecilnya
pengaruh tersebut) harga jual dari produknya.
c.
Tidak
ada homogenitas produk (jadi tidak adanya subtitusi yang sempurna antara hasil
produksi satu perusahaan dengan perusahaan yang lain).
b)
Kondisi Permintaan
Yaitu dimana permintaan konsumen
terhadap suatu barang akan mempengaruhi saingan diantara perusahaan yang
sejenis
c)
Tingginya untuk keluar dari rintangan
atau hambatan dalam industri
Sebagai contoh dalam suatu
perusahaan mengalami hambatan yaitu kurang terkenalnya produk yang dikeluarkan
oleh perusahaan tersebut di kalangan masyarakat, sehingga perusahaan tersebut
mencari solusi untuk menyikapinya agar bisa bersaing dengan perusahaan lainnya.
F.
KEKUATAN
PENAWARAN PEMBELI
o
Penjual kecil banyak - pembeli besar sedikit
o
Pembelian Pembeli dalam Kuantitas atau jumlah
yang besar
o
Pembeli
Account untuk besarnya persentase yang dijual dari total pesanan
o
Pembeli
bisa beralih ke pemasok lain dengan biaya rendah
o
Pembelian
pembeli dari
beberapa penjual pada satu waktu
o
Pembeli
dapat
terintegrasi vertikal
o
Penjual produk memiliki sedikit barang
pengganti dan penting untuk pembeli
o
Ketika
Industri pembeli
bukan
pelanggan penting bagi pemasok
o
Ketika
diferensiasi membuat biaya untuk pembeli beralih ke pemasok
o
Ketika
pemasok bisa mengintegrasikan secara vertikal dan bersaing dengan pembeli
o
Ketika
pembeli tidak dapat mengintegrasikan secara vertikal kebelakang dan memasok kebutuhan mereka sendiri
G.
ANCAMAN BARANG SUBSTITUSI
Ancaman
ini bergantung pada hal-hal dibawah ini yaitu:
·
Pembeli lebih menyukai diantara
barang-barang substitusi yang mempunyai brand
·
Penampilan
dari barang tersebut
·
Harga yang sesuai.
H.
LEVEL
PERSAINGAN
1.
Persaingan menurut selera
Yaitu persaingan dengan gen dan
jenis yang berbeda-beda sesuai dengan selera masing-masing.
Contoh: Antara Nonton bioskop dan
Makan es krim
2.
Persaingan generik
Yaitu persaingan dengan gen yang
sama
Contoh: Dalam jenis minuman antara
Kopi dan freshtea
3.
Persaingan sejenis
Yaitu persaingan antara jenis
produk yang sama
Contoh: Antara Fanta dan Sprite
4.
Persaingan Ketat
Yaitu dimana satu sama lain
mempunyai level yang sama
Contoh: antara produk yang
sama-sama mempunyai brand, misalnya Coca-cola dan Pepsi.
I.
TANGGAPAN
MANAJEMEN
Manajemen harus
bertindak proaktif dalam mengelola perubahan lingkungan makro maupun mikro agar
perubahan lingkungan
tersebut sesuai dan menguntungkan bagi perusahaan.
Bagaimana Caranya ?
·
Menyewa
para pelobi (lobbyist)
·
Menjalankan
iklan
·
Mengadakan
kerjasama
·
Mengelola
komplain
J.
MENGHADAPI LINGKUNGAN PEMASARAN
1.
Sebagai lingkungan yg tidak bisa
dikendalikan, perusahaan harus menyesuaikan diri, misalnya:
·
Lingkungan geografi
·
Lingkungan Demografi
2.
Sebagai lingkungan yg tidak bisa
dikendalikan, sehingga perusahaan mengambil langkah agresif untuk mempengaruhi
lingkungan, misalnya :
·
Konsumen
BAB III
PENUTUP
Pemasaran
pada dasarnya
merupakan suatu proses perpindahan barang atau jasa dari tangan produsen ke
tangan konsumen. Llingkungan pemasaran adalah pelaku dan
kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi mempengaruhi manajemen pemasaran
untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan
sasaran.
Lingkungan Mikro yang dimaksud dengan lingkungan mikro adalah
faktor-faktor lingkungan di luar perusahaan yang memberi pengaruh secara
langsung dan cukup kuat pada perusahaan dalam proses pengambilan keputusan
pemasaran perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk
melayani pelanggan, terdiri dari: Perusahaan, Pemasok, Perantara, Pelanggan, Pesaing,
Masyarakat (Publik).
Lingkungan Makro yaitu kekuatan
masyarakat yang lebih luas yang mempengaruhi seluruh lingkungan mikro pemasaran
perusahaan yang mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap pemasaran.Lingkungan
Makro terdiri dari: Demografi, Ekonomi, Lingkungan Alam, Lingkungan Teknologi,
Politik, Lingkungan Budaya.
Untuk
kemajuan perusahaan, strategi pemasaran perlu ditingkatkan dan lebih bermutu
jual tinggi karena dengan adanya itu perusahaan akan solit dan mendapatkan
loyalty dari konsumen. Perusahaan harus melakukan langkh agresif apabila ingin
mendapatkan hal tersebut.
DAFTAR
PUSTAKA
Ø http:
//andi67.blog.esaunggul.ac.id/2012/03/21/lingkungan-pemasaran/
Ø Philip Kotler, Swee Hoon Ang, Siew Meng Leong, and
Chin Tiong Tan (1999), Marketing Management: An Asian Perspective, 2nd
edition, Singapore: Prentice Hall
Mas,boleh tahu kuliah dmana? Saya Ize dari unair. Saya ambil bahan dari blognya mas untuk tugas saya, tapi saya kurang jelas dapat sumbernya. Mohon bantuannya. Terima kasih
BalasHapuswkwkwk dasar modus :V
Hapus